Sandro Simamora Puji Kinerja Pemkab Dairi Lewat Pelayanan Disdukcapil

Sandro Simamora, Pengajar di SMAN 2, Sidikalang, Puji kinerja Disdukcatpil Dairi. (foto/Ist)
Sandro Simamora, Pengajar di SMAN 2, Sidikalang, Puji kinerja Disdukcatpil Dairi. (foto/Ist)

Tigasisinews.id, DAIRI – Kinerja Pemerintah Kabupaten Dairi, khususnya dalam pelayanan administrasi kependudukan mendapat apresiasi dari seorang guru SMA Negeri 2 Sidikalang, Sandro Simamora.

Hal ini disampaikannya dalam sesi diskusi bersama Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat mengunjungi SMA Negeri 2 Sidikalang, Selasa (19/3/2024).

“Secara menejemen pendidikan, kami memang berada di bawah naungan provinsi. Tapi sebagai masyarakat Dairi saya merasakan manfaat dari kinerja Pemerintah Kabupaten Dairi yang berada di bawah kepemimpinan Bupati Eddy Berutu,” katanya.

Disampaikan Sandro, pelayana ini diterimanya saat sedang mengurus administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil ) Kabupaten Dairi.

“Ketika saya kesana untuk mengurus akta lahir dan data istri saya, yang saya rasakan saya seperti bukan berurusan di kantor pemerintahan pada umumnya, tapi seperti masuk ke cafe. Pelayanannya cepat dan praktis. Yang awalnya dijanjikan untuk menjemput dokumen jam 1 siang, ternyata sebelum jam 1 saya sudah dihubungi. Dikabarin sudah selesai dan bisa dijemput,” ucapnya menceritakan pengalamannnya.

Apalagi, lanjut Sandro, di Dinas Dukcapil juga disediakan pojok bermain anak yang nyaman, sehingga anak-anak yang datang bersama orang tua dapat bermain dan membaca buku yang disediakan.

“Peningkatan pelayanan disdukcapil ini terjadi setelah berada di bawah pemerintahan Pak Eddy Berutu. Jadi kedepannya kami berharap kalau instansi lain juga dapat memberika pelayanan yang seperti ini. Sehingga masyarakat dapat semakin merasakan kehadiran pemerintah,” ucapnya.

Mendapat apresiasi tersebut, Bupati Eddy Berutu menyampaikan bahwa layanan administrasi kependudukan merupakan salah satu fokus prioritas saat pertama kali menjabat sebagai Bupati Dairi.

“Kita lakukan pembenahan melalui inovasi-inovasi agar administrasi masyarakat Dairi dapat tuntas. Jika administrasi kependudukannya sudah beres, maka masyarakat tidak akan terkendala untuk mengikuti program-program pemerintah lainnya, termasuk bantuan,” ucapnya.

Disampaikan Eddy Berutu, pelayanan disdukcapil merupakan inovasi gerak cepat yang dilakukan dengan sistem jemput bola.

“Hampir 99% masyarakat Dairi sudah memiliki dokumen kelengkapan administrasi. Kita datangi masyarakat, kita fasilitasi dan urus administrasinya. Dan kini, mengurus KTP pun sudah dapat dilakukan di desa/kecamatan masing-masing, tanpa harus repot-repot ke Sidikalang. Hingga saat ini kita masih berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ucapnya.

 

Reporter : Iwan
Editor : Ndoss

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *