Pemkab Dairi Siapkan Dana 19 M Untuk Pembangunan TPA Bintang Dengan Sistem Sanitary Landfill

DAIRI – Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat RI melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut, beserta rombongan melakukan kunjungan ke lokasi rencana pembangunan TPA, Rabu (12/8/2020) di Desa Bintang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

“Pembangunan TPA Bintang masuk dalam TA 2020-2021 dengan anggaran ± Rp 19 M dan pelaksanaan pekerjaan dengan system multi years. TPA akan dibangun di atas areal seluas ± 4,5 Ha. Kita berharap tidak ada kendala,” ujarnya.

Pembangunan TPA Bintang diakui Bupati sempat terkendala karena beberapa readiness criteria atau kesiapan persyaratan yang belum dapat dipenuhi Kabupaten Dairi.

“Kita harapkan, dalam pelaksanaan pembangunannya dapat melibatkan warga setempat, memberdayakan tenaga kerja lokal. Tahapan pekerjaan dapat dilakukan dengan baik, sehingga limbah cair tidak akan mencemari lingkungan dan melaksanakan penanaman pohon aren dan bambu untuk mencegah terjadinya erosi,” pintanya.

Tidak lupa, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan terima kasih atas bantuan Pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bintang yang sudah menggunakan system sanitary landfill karena sudah sangat dibutuhkan untuk menggantikan TPA Karing yang sudah tidak mampu lagi menampung volume sampah Kabupaten Dairi yang setiap harinya semakin meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dan pertumbuhan ekonomi.(tgs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *