Budaya  

Wakil Bupati Dairi Hadiri Pembukaan Jambore Pemuda dan Budaya di Paropo

Pembukaan acara Jambore Pemuda dan Budaya di Paropo Kecamatan Silahisabungan.(foto/ist)
Pembukaan acara Jambore Pemuda dan Budaya di Paropo Kecamatan Silahisabungan.(foto/ist)

tigasisinews.id, DAIRI – Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing menghadiri Jambore Pemuda dan Budaya yang diselenggarakan oleh Kodim 0206/Dairi, Jumat (27/10/2023) di Paropo Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.

Jimmy menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0206/Dairi, karena dapat membantu dalam pembentukan karakter para pemuda di Dairi.

“Untuk itu kepada para pemuda mari kita nikmati kegiatan ini dari awal hingga akhir,” kata Jimmy.

Menurut Jimmy, Ini kesempatan baik bagi anak untuk ditempa, membangun jati diri, karakter moral dan mengenal satu sama lainnya.

“Melalui kegiatan ini, kita harapkan kedepan menjadi pemuda dan pemudi yang berkarakter Pancasila,” tambahnya.

Wakil Bupati Dairi itu turut mendukung kegiatan yang yang dilaksanakan oleh Kodim 0206 Dairi dan dapat dijadikan kegiatan rutin setiap tahunnya karena tujuannya sangat bermanfaat.

“Saya sangat mendukung kegiatan Jambore ini, kita juga berkomitmen melalui persetujuan pak bupati nanti kiranya ini bisa menjadi agenda tahunan,” jelas Jimmy.

Diakhir sambutannya, Jimmy menyebutkan, kedepan bangsa Indonesia akan menghadapi pemilu 2024. Untuk itu para pemuda jangan hanya jadi obyek politik, tetapi harus bisa menjadi subjek ikut mengawal pesta demokrasi yang menjadi siklus yang dilaksanakan setiap 5 tahun sebagai pesta demokrasi.

Sebelumnya, Dandim 0206/Dairi, Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban menyampaikan, jambore ini dimaksudkan untuk membentuk pemuda di Kabupaten Dairi yang berkarakter dan menjadi kekuatan pembangunan dengan memberikan pengetahuan tentang bagaiman peran pemuda dalam membangun kotanya sendiri.

“Melalui kegiatan jambore pemuda dan budaya ini, kita berharap pemuda Dairi punya karakter dan siap untuk membangun kotanya sendiri,” kata saat membuka¬† Jambore Pemuda dan budaya.

Selain itu, kata Goklas, kita ingin membangun dan membuat sinergitas, baik TNI-Polri dan pemuda dalam menciptakan suasana yang kondusif dan damai terkhusus menjelang pesta demokrasi.

“Melalui tema kegiatan “TNI Patriot NKRI Manunggal Bersama Pemuda dan Rakyat Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Emas”, kita berupaya agar para pemuda dapat memainkan peran secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam membangun secara nasional revolusi mental yang dicanangkan bapak Presiden Jokowi,” ujarnya.

Dijelaskan juga bahwa ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing tinggi. Oleh karenanya, revolusi mental harus dapat dijadikan sebagai pemicu untuk mewujudkan pemuda yang maju dan handal.

“Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat, sebab, pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya, dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan secara global yang mampu berfikir positif yang senantiasa terus berorientasi pada kejayaan bangsanya demi keunggulan dan kegemilangan masa depan. Tidak mudah menyerah dan bertanggung jawab,” tegasnya lagi.

Reporter : Iwan

Editor : Dosma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *