Pasien (PS) Terkonfirmasi Positif Covid-19, Jubir GTPP Covid 19 Dairi Berikan Penjelasan

DAIRI –  Juru Bicara GTPP Covid19 Kabupaten Dairi, dr. Edison Damanik dalam siaran persnya menjelaskan terkait beredarnya kabar terkait Tn. PS yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid 19 membenarkan hal tersebut.

dr. Edison Damanik menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Dairi telah melakukan komunikasi dengan pihak keluarga, dan bersyukur bahwa saat ini kondisi Bapak PS sudah membaik.

“Pemerintah Kabupaten Dairi telah melakukan komunikasi dengan pihak keluarga, dan bersyukur bahwa saat ini kondisi Bapak PS sudah membaik, mengingat Bapak PS memiliki banyak tugas berat dalam pelaksanaan bantuan sosial kepada masyarakat dampak dari pandemi covid19”, ujar Edison.

Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Dairi tetap memohon dukungan dan doa dari masyarakat agar Bapak PS dapat menjalani perawatan dengan baik, terbebas dari covid19 dan dapat beraktifitas kembali.

“Kepada keluarga, kami yakin pasti memberikan pendampingan dan semangat untuk kesembuhan Bapak PS”, ujarnya.

Selanjutnya dikatakan Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat Dairi agar tertib menjalankan protokol kesehatan.

“Kita perlu meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan protokol kesehatan secara konsisten ketika melakukan kegiatan di luar rumah. Secara sederhana, jangan lupa gunakan masker, jaga jarak interaksi (1-2 meter), dan sering cuci tangan dengan sabun pada air mengalir. Kita belum punya vaksin untuk saat ini namun perubahan perilaku berbasis protokol kesehatan merupakan standar utama agar kita aman dari Covid-19 seraya beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari” tambahnya.

Selain itu, Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Dairi tetap melakukan upaya-upaya untuk pencegahan penyebaran covid19 di Kabupaten Dairi, dan idealnya masyarakat juga melakukan bagiannya yaitu protokol kesehatan secara ketat. Jika kita melakukan bagian kita dengan baik dan benar, maka tujuan kita yaitu tetap produktif dan aman dari Covid-19 akan dapat kita capai sambil menunggu tersedianya vaksin pada waktu mendatang.

“Mari kita berdoa pemulihan dan percepatan terjadi secara simultan dengan sinergitas yang tinggi antara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 dengan seluruh elemen masyarakat”,pungkasnya.

Berikut disampaikan kronologis kesehatan pasien:

Nama : Tuan. PS
Umur : 55 Tahun
Alamat : Sidikalang
Pekerjaan : PNS (Dinas Sosial)

1. Pada tanggal 7 Agustus 2020 Tn. PS masuk Ke RSUD Sidikalang dengan keluhan demam dan keluhan lainnya. Sesuai dengan pemeriksaan awal maka (PS) dirawat/ opname selama 5 (lima) hari dengan diagnosa sementara dugaan typus abdominalis.

2. Pada tanggal 13 Agustus 2020 Tn.PS atas keinginan sendiri melakukan check-up kesehatan ke salah satu praktek dokter spesialis paru di Medan dan disana mendapat pengobatan dan dianjurkan untuk pemeriksaan swab dan pemeriksaan swab dilakukan di RS. Murni Teguh.

Selanjutnya pada hari itu juga Tn. PS pulang ke Sidikalang (sambil menunggu hasil swab keluar).

3. Sesuai laporan dari tim Surveylence Propinsi pada tanggal 18 agustus 2020 pada pukul 16.00 Tn.PS dinyatakan terkonfirmasi Positif. Dan pada tanggal 19 Agustus 2020 tim tracing dari Dinas Kesehatan melaksanakan tracing terhadap keluarga inti (Istri dan 3 anaknya) dan selanjutnya pemeriksaan Rapid test dilaksanakan dengan hasil Non Reaktif, dan tracing ini terus dilakukan oleh tim terhadap pihak-pihak yang memiliki riwayat kontak erat dengan Tn. PS.

4. Saat ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan sehat dan melakukan isolasi mandiri ketat di rumah.(tgs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *