KPU Dairi Lakukan Sosialisasi, Simulasi Pemungutan dan Hitung Suara

Simulasi Pemungutan Suara KPU Kabupaten Dairi di Gedung Djauli Manik Sidikalang.(foto/Iwan)
Simulasi Pemungutan Suara KPU Kabupaten Dairi di Gedung Djauli Manik Sidikalang.(foto/Iwan)

tigasisinews.id, DAIRI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi lakukan simulasi dan sosialisasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Kegiatan itu dilaksanakan di gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang, Sabtu (23/12/2023).

Kegiatan simulasi ini juga menjadi momentum bagi KPU untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) dalam Pemiku tabun 2024.

Fredy Sinaga selaku Ketua KPU Dairi menyampaikan kegiatan simulasi ini pada hakikatnya 90 persen merupakan kejadian riil sebagaimana kondisi sebenarnya pada Pemilu nanti.

Tidak hanya itu, kata Freddy, KPU juga meluncurkan aplikasi Sirekap yang diprediksi akan mempermudah petugas KPU dalam melakukan pungut, dan hitung suara Pemilu nanti sehinga berjalan jauh lebih cepat dan akurat.

“Jadi berperanlah sebagai pemilih yang bijak agar Pemilu berjalan aman dan lancar,” tegasnya.

Sementara Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan harapannya Pemilu Tahun 2024 nanti akan berjalan dengan lancar dengan hasil yang lebih akurat apalagi ditambah dengan penggunaan aplikasi Sirekap ini.

“Saya sudah tidak sabar menunggu bagaimana kinerja aplikasi Sirekap yang akan digunakan dalam Pemilu nanti. semoga KPU akan menunjukkkan hasil yang terbuka, transparan dan profesional. Hasil yang transparan ini jadi harapan besar kami sehingga semua pengaplikasian Sirekap dapat memprkecil kecurangan,” katanya.

Mengingat ini adalah sistem aplikasi, tidak menutup kemungkinan terjadi down pada saat digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan, sehingga ia berharap kepada KPU dapat mengantisipasinya secara bijaksana dengan memperkuat SDM KPU guna mengantisipasi gangguan.

“Saya berharap seluruh persiapan harus diperkuat. termasuk Panitia Pemungutan Suara (PPS). PPS harus jadi orang yang tidak hanya lulus seleksi, namun merupakan yang dipilih dan dipercaya untuk turut serta menyukseskan Pemilu nanti. Mari tunaikan tugas masing – masing dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya lagi

Turut hadir unsur Forkopimda, mewakili Kapolres Sulkarnain Hasibuan, Asisten Administrasi Umum, Oloan Hasugian, Kapolsek Sidikalang Kota, S.Berutu, Bawaslu, pimpinan parpol, tim kampanye presiden, PPS dan KPPS serta undangan lainnya.

Reporter: Ndos
Editor: Iwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *