Dandim Dairi Buka Jambore, Pemuda Harus Memiliki Karakter

Jambore Pemuda dan Budaya di Paropo Kecamatan Silahisabungan.(foto/Iwan)
Jambore Pemuda dan Budaya di Paropo Kecamatan Silahisabungan.(foto/Iwan)

tigasisinews.id, DAIRI – Dandim 0206 Dairi Letkol Inf Goklas P. Silaban membuka pesta Jambore Pemuda dan budaya di Silahisabungan, Kabupaten Dairi Sumatera utara Jumat (27/10/2023).

Jambore itu mengusung tema kegiatan, “TNI Patriot NKRI Manunggal Bersama Pemuda dan Rakyat Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Emas”.

Dalam arahannya, Melalui kegiatan itu Dandim berharap dapat membentuk pemuda di Kabupaten Dairi yang berkarakter dan menjadi kekuatan pembangunan dengan memberikan pengetahuan tentang bagaiman peran pemuda dalam membangun kotanya sendiri.

“Jadi melalui kegiatan jambore pemuda dan budaya ini, kita berharap pemuda Dairi punya karakter dan siap untuk membangun kotanya sendiri,” katanya dalam acara pembukaan.

Selain itu, diterangkan Dandim, kegiatan itu juga bertujuan membangun dan membuat sinergitas, baik TNI-POLRI dan pemuda dalam menciptakan suasana yang kondusif dan damai terkhusus menjelang pesta demokrasi.

“Kita berupaya agar para pemuda dapat memainkan peran secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam membangun secara nasional revolusi mental yang dicanangkan bapak presiden Jokowi,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing tinggi.

Oleh karena itu revolusi mental harus dapat dijadikan sebagai pemicu untuk mewujudkan pemuda yang maju dan handal.

“Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat,” ujarnya lagi.

Pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya, dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan secara global.

“Pemuda yang maju adalah pemuda yang mampu berfikir positif yang senantiasa terus berorientasi pada kejayaan bangsanya demi keunggulan dan kegemilangan masa depan. Tidak mudah menyerah dan bertanggung jawab,” terangnya.

“Juga senantiasa melakukan yang terbaik terhadap dirinya dan untuk bangsanya. Semangat para pemuda harus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian,” sambungnya.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan, Goklas juga mengajak semua komponen masyarakat, tokoh pemuda secara khususnya dan pemerintah Dairi.

“Mari kita bangun jati diri bangsa kita, mari kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia pemuda kita demi majunya kabupaten Dairi tercinta,” harapnya.

Ayo para pemuda sekalian kepakkan sayap mu, tekadkan hatimu untuk menjadi pribadi yang maju, sebab hidup adalah juang, juang adalah tindakan, tindakan adalah harga diri yang menanti cinta. Cinta itu adalah kesuksesan dan keberhasilan

“Semoga dengan adanya kegiatan ini akan semangkin baik pribadi kita, semangkin baik pola pikir kita dan semakin maju pemuda kita,” pintanya

Sementara itu Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0206/Dairi, karena dapat membantu dalam pembentukan karakter para pemuda di Dairi

“Untuk itu kepada para pemuda mari kita nikmati kegiatan ini dari awal hingga akhir,” kata Jimmy.

Ini kesempatan kalian untuk ditempa, membangun jati diri, karakter moral dan mengenal satu sama lainnya.

“Melalui kegiatan ini, kita harapkan kedepan menjadi pemuda dan pemudi yang berkarakter Pancasila .

Diakhir sambutannya, Jimmy menyebutkan, kedepan bangsa Indonesia akan menghadapi pemilu 2024. Untuk itu para pemuda jangan hanya jadi obyek politik.

“Tetapi pemuda harus bisa menjadi subjek ikut mengawal pesta demokrasi yang menjadi siklus yang dilaksanakan setiap 5 tahun sebagai pesta demokrasi,” tutupnya.

Reporter: Iwan
Editor: Rud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *