Pemerintah Kabupaten Dairi Sosialisasikan Pusat Informasi dan Konseling Remaja

Dinas P3AP2KB Dairi sosialisasikan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) kepada remaja Desa Lumban Toruan, Kecamatan Lae Parira, Selasa, (14/11/2023). (foto/ist)
Dinas P3AP2KB Dairi sosialisasikan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) kepada remaja Desa Lumban Toruan, Kecamatan Lae Parira, Selasa, (14/11/2023). (foto/ist)

tigasisinews.id. DAIRI – Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) sosialisasikan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) kepada remaja Desa Lumban Toruan, Kecamatan Lae Parira, Selasa 14 November 2023. Sosialisasi tersebut diadakan di kantor Kepala Desa Lumban Toruan yang dihadiri oleh Kepala Dinas P3AP2KB Ruspal Simarmata. Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, Camat Lae Parira Rinto Hutauruk, Pj. Desa Lumban Toruan Kamson Sinaga serta Penyuluh KB Kecamatan Lae Parira

Kepala Dinas P3AP2KB mengatakan BKKBN saat ini selalu menggaungkan program ketahanan keluarga melalui keluarga berencana. Ruspal Simarmata berharap nantinya akan ada terbentuk PIK-R di desa ini sehingga terbentuk remaja yang tangguh dan sehatsehat serta cerdas. “Beberapa kegiatan juga sudah kami laksanakan, yakni bina keluarga balita, bina keluarga remaja. Semoga PIK-R segera terbentuk di desa ini sehingga remaja yang sehat, cerdas dan moderen akan terbentuk juga,” ujarnya.

Sementara itu, kepada para remaja yang mengikuti sosialisasi tersebut, Romy Mariani mengatakan PIK – R adalah suatu wadah yang dibentuk oleh dan untuk para remaja khususnya di desa ini. Pusat informasi ini nantinya akan berbasiskan generasi berencana atau yang sering disebut dengan Genre. Di dalam generasi berencana ini, Romy Mariani berujar akan menjadi suatu wadah para remaja yang akan menyusun rencana untuk masa depan.

“Dalam Genre ini kita harapkan tidak ada lagi yang namanya perkawinan anak di bawah umur. Wadah ini nantinya bisa melahirkan kegiatan yang positif, mencegah masuknya narkoba kepada remaja lainnya. Mari persiapkan dirimu untuk menatap masa depan, meraih impianmu yang telah dicita-citakan sejak sekarang,” ujar Romy Mariani.

Masih ucap Romy Mariani, pada tahun 2045 mendatang negara Indonesia akan menjadi menjadi negara maju sesuai dengan visinya Indonesia Emas. Selain itu, Indonesia juga akan mendapatkan bonus demografi pada tahun 2035 dimana jumlah usia produktif akan lebih banyak dari pada usia yang tidak produktif. “Negara akan bergantung kepada kalian seluruhnya untuk memimpin bangsa ini. Oleh karena itu kalian perlu merencanakan kehidupan untuk masa depan,” kata Romy Mariani.

 

reporter : Iwan
editor : Ndoss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *